Saturday, November 24, 2012

Warna hijau membuat olahraga semakin menyenangkan

Warna hijau membuat olahraga semakin menyenangkan

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga di pusat kebugaran, ada baiknya kalau Anda beralih melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Karena penelitian terbaru menyebutkan, kalau efek warna hijau di luar ruangan bisa membuat olahraga menjadi menyenangkan dan juga menyehatkan.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily, penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Essex ini mencoba membuktikan kalau warna hijau memberi kontribusi kuat terhadap aktivitas fisik di luar ruangan. Peneliti pun telah melaporkan hasil studinya dalam jurnal Environmental Science and Technology.

Para peneliti lantas melibatkan 14 mahasiswa pria untuk bersepeda di dalam ruangan sambil melihat video alam luar. Peneliti kemudian mengubah filter layar video dari hijau, hitam, putih, dan merah selama lima menit.

Selama proses percobaan tersebut, peneliti menemukan kalau para pria merasa tidak begitu lelah saat melihat pemandangan berwarna hijau pada video sembari mengayuh sepeda. Sementara ketika melihat video dengan filter warna merah, responden mengaku punya kecenderungan untuk marah.

Manusia yang terkena paparan gelombang warna pendek, seperti hijau dan biru, memang mampu membangkitkan ketenangan dari dalam tubuhnya. Sementara merah dan kuning lebih merangsang sisi emosional seseorang. Selain itu, tanaman hijau subur mengisyaratkan makanan berlimpah dan sumber air dekat bagi nenek moyang manusia. Sehingga perasaan positif terhadap warna hijau diduga telah tertanam dalam otak manusia selama evolusi.

Sayangnya, penelitian ini hanya melibatkan sedikit orang. Jadi belum ada kepastian apakah warna hijau juga mempengaruhi perasaan seseorang dalam skala besar.

Meskipun demikian, setidaknya penelitian ini telah berhasil membuktikan kalau lingkungan alam memang penting. Entah Anda berolahraga untuk kebugaran atau menurunkan berat badan, sebaiknya pilih yang berada di luar ruangan agar aktivitas fisik terasa lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment