Friday, April 19, 2013

Sambut hari Kartini, ratusan siswi lomba kepang rambut

Sambut hari Kartini, ratusan siswi lomba kepang rambut
Foto: Ratusan siswi lomba kepang. ©2013 KM/Okesharezone
Reporter: Sarah Puspita

Seratus lebih siswi TK dan SD di Sukoharjo, Jawa Tengah, mengikuti lomba kepang rambut dalam rangka menyambut hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang. Acara yang digelar di alun-alun kota Sukoharjo itu diikuti para siswi dengan antusias.

Pantauan Okesharezone, para siswi yang saling berpasangan itu bergantian untuk mengepang rambut. Dengan peralatan seadanya, seperti sisir dan karet gelang, mereka mengepang rambut temannya lebih dari dua kepang.

Sri Widiyati, salah satu guru pembimbing mengatakan, selain untuk memperingati hari Kartini, acara itu juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kerjasama dan kebersamaan antar-siswi.

"Saat mengepang rambut, mereka kan harus kerjasama. Tidak mungkin dilakukan sendiri. Kerjasama ini harus kita terapkan dari mereka masih berusia dini," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/4).

Selain itu, acara tersebut juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya tradisional jawa yang dikhawatirkan akan punah.

"Tradisi mengepang rambut ini kan lama banget. Zaman sekarang hampir tidak ada. Padahal banyak pelajaran yang bisa petik di situ," katanya.

Menurutnya, zaman dulu para ibu selalu menasihati anaknya sambil mengepang rambut. Hal itu sulit dilakukan di zaman sekarang. Sebab, sudah jarang anak-anak yang mau dikepang saat ini.

noreply@blogger.com (Kang Hilman) 19 Apr, 2013


-
Source: http://katakan-merdeka.blogspot.com/2013/04/sambut-hari-kartini-ratusan-siswi-lomba-kepang-rambut.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment