Thursday, February 28, 2013

'Tak terbukti korupsi, Anas bisa jadi Ketum Demokrat lagi'

'Tak terbukti korupsi, Anas bisa jadi Ketum Demokrat lagi'
Foto: Anas Urbaningrum. KM/Okesharezone
Reporter: Jono Suwiryo

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman menyatakan, Anas Urbaningrum masih memiliki kesempatan untuk kembali ke Partai Demokrat. Bahkan, Anas bisa kembali menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat jika pada akhirnya dinyatakan tidak bersalah dan tidak terlibat dalam kasus korupsi.

"Kalau ini clear, Mas Anas bisa kembali jadi Ketum. Kenapa tidak? Itu tanggung jawab partai. Kalau dia clear tidak bersalah atas putusan pengadilan, tentu partai membantu merehabilitasi namanya," terang Hayono saat diskusi 'Demokrat Pasca Berhentinya Anas' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2).

Menurutnya, kasus korupsi yang membelit sejumlah kader Demokrat, dinilai memperkuat perspektif masyarakat kalau partai berlambang bintang Mercy itu memelihara para koruptor. Akibat kasus korupsi yang menimpa sejumlah kader, jati diri Demokrat di masyarakat sudah hilang.

Sebab, icon sebagai partai bersih, cerdas dan santun sudah dikalahkan dengan kasus korupsi yang menyeret kader Demokrat. "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Jadi apa yang dilakukan petinggi partai, akan diikuti sampai daerah," lanjut Hayono.

Sementara, mengenai manuver politik yang dilakukan Anas Urbaningrum dinilainya suatu hal yang wajar. Langkah Anas tersebut dinilai sebagai luapan emosi, lantaran ditetapkan tersangka kasus korupsi Hambalang yang dinilainya sarat muatan politik ketimbang hukum.

"Kalau Mas Anas awalnya marah, galau, biasalah. Siapa yang tak repot ditetapkan tersangka oleh KPK?" kata Hayono.

Namun, seiring berjalannya waktu Hayono melihat kondisi emosional Anas sudah terkendali. Dia pun mendoakan supaya Anas dapat menyelesaikan kasus hukum yang membelitnya.

No comments:

Post a Comment