Tuesday, January 1, 2013

Ahok: Pakai baju Betawi kayak zaman penjajahan Belanda

Ahok: Pakai baju Betawi kayak zaman penjajahan Belanda
Foto: Ahok pakai baju betawi. ©2013 Okesharezone
Reporter: Riki Santoso

Setiap hari Rabu, pegawai negeri sipil (PNS) di Pemprov DKI Jakarta wajib mengenakan pakaian khas Betawi. Hal yang sama juga dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau sering disapa Ahok.

Ahok tampak mengenakan pakaian Betawi saat datang ke Balai Kota, Rabu (2/1). Ahok mengatakan ide Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Betawi merupakan gagasan luar biasa. Sebab, orang yang mengenakan pakaian seperti ini seperti membayangkan zaman penjajahan.

"Zaman penjajahan dulu, kan kolonial, ngebayangin enggak sih orang pakai baju begini itu kan orang jajahan," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (2/1).

Dia mengatakan, orang zaman dulu yang sudah meninggal tidak pernah mimpi bahwa satu hari nanti, pejabat dan pemimpin di gedung ini berpakaian seperti rakyat Betawi.

Menurut dia, perihal simbolis bahwa tiap daerah tuannya siapa menjadi jelas. Kalau Jakarta memiliki kekhasan Betawi.

"Nah, itu yang saya pikir pak gubernur luar biasa, bukan soal simbolisnya. Selama ini, baju menyimboliskan kondisi rakyat. Dulu mana pernah mimpi sih orang pakai baju begini berkuasa di gedung ini. Nah itu beliau bisa berpikir seperti itu," jelasnya.

Dia membayangkan saat masuk gedung seperti pemimpin zaman dahulu (Belanda).

"Dulu mungkin orang-orang yang sudah meninggal dan bisa lihat enggak berani mimpi ada orang pakai baju ini berkuasa di gedung ini. Nah, itu yang bagus," tandasnya.

No comments:

Post a Comment