Wednesday, January 23, 2013

Menkeu rayu DPR loloskan Rp 2 triliun buat penanggulangan banjir

Menkeu rayu DPR loloskan Rp 2 triliun buat penanggulangan banjir
Foto: Agus Martowardojo. Okesharezone
Reporter: Dudi Anggoro

Menteri Keuangan Agus Martowardojo memastikan untuk mengatasi banjir di Jakarta yang terjadi di awal tahun 2013, pemerintah siap menggelontorkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk membangun sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dan Kanal Banjir Timur (KBT).

Soal anggaran tersebut, pemerintah berencana segera melakukan pembahasan dengan Komisi X DPR. "Dalam waktu dekat ini akan kita bahas," ujarnya di Silang Monas, Jakarta, Kamis (24/1).

Direncanakan di 2013 dimulai, satu proyek penanganan banjir yaitu, sodetan dari Senen-Ciliwung ke Kanal Banjir Timur yang akan menelan dana Rp 500 miliar segera direalisasikan.

Agus mengatakan angka tersebut sudah termasuk dalam anggaran sebesar Rp 2 triliun yang fokusnya diperuntukan penanggulangan bencana banjir di Jakarta. Angka tersebut akan digunakan untuk melakukan normalisasi sungai, pengadaan wc keliling serta air bersih.

"Itu sudah merupakan suatu rencana cukup panjang dari Kementerian PU. Tapi pada kesempatan kemarin ketika kita melihat Kanal Banjir Timur tidak terlalu penuh diisi dengan limpahan air, dirasakan sudah waktunya kita buat sodetan dari Ciliwung ke sana," ujarnya.

Terkait kerugian yang dialami selama banjir di Jakarta, Agus mengaku belum mengetahui jumlahnya secara persis. Saat ini, Kementerian Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan penghitungan terhadap banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. "Pada kesempatan ini belum ada angka resmi yang bisa disampaikan," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment