Friday, March 8, 2013

Jelang nyepi, umat Hindu Bali padati pantai

Jelang Nyepi, Umat Hindu Bali Padati Pantai
Foto: Ogoh-ogoh nyepi. AFP PHOTO/CLARA PRIMA
Reporter: Renatha Setiani

Umat Hindu Bali mulai memadati seluruh pantai yang ada untuk menggelar ritual Melasti atau penyucian diri Menjelang Hari Raya Nyepi.

Ritual diawali dengan menggelar arak-arakan dari pura desa masing-masing menuju pantai terdekat. Umbul-umbul, sesajen, pratima atau benda sakral dan gamelan tradisional bleganjur mengiringi arak-arakan itu.

Umat yang mengikuti ritual Melasti juga wajib mengenakan pakaian adat. "Diri kita harus suci sebelum melaksanakan tapa brata Nyepi," ujar Dewa Gede Oka, tokoh adat Kuta di sela mengikuti ritual Melasti di pantai Kuta, Sabtu (9/3).

Setibanya di pantai, umat Hindu lalu menggelar persembahyangan dengan mencelupkan kakinya ke pantai. Mereka juga diberikan air suci oleh pemangku (pendeta).

Sedangkan umat Hindu yang tinggal di pegunungan dan jauh dari pantai biasanya menggelar ritual Melasti di danau atau sumber mata air terdekat.

Wisatawan yang kebetulan berada di pantai pun tak mau melewatkan ritual ini dengan kamera yang dibawa. "Sungguh religius dan mengesankan," ujar Jane, turis dari Inggris.

No comments:

Post a Comment