Friday, March 15, 2013

SBY batal hadiri kongres HMI karena alasan keamanan

SBY batal hadiri kongres HMI karena alasan keamanan
Foto: SBY. ©rumgapress/abror rizki
Reporter: Sofyan Abdullah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini batal menghadiri Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) ke-28 yang diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha menegaskan bahwa ketidakhadiran SBY dalam kongres HMI itu bukan pembatalan dalam arti mendapat penolakan.

"Saya tegaskan, ini bukan pembatalan dalam arti bahwa presiden ditolak, apalagi sampai ada pemberitaan yang menyebutkan Presiden ditolak untuk hadir di Kongres HMI 15 maret hari ini. Tidak seperti itu sesungguhnya," ujar Julian di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).

Julian menjelaskan, beberapa pekan lalu, SBY telah diinformasikan diundang untuk menghadiri Kongres HMI ke-28 tersebut.

"Pada saat itu beliau (SBY) menanyakan kepada menteri terkait bagaimana sebetulnya kondisi di dalam HMI. Beliau hanya ingin memastikan kondisinya kondusif untuk kongres berjalan dengan tertib," ujarnya.

Pada pekan lalu itu SBY dilaporkan belum ada jaminan atau kepastian kongres HMI akan berjalan dengan tertib dan lancar.

"Kita tahu sebelum ini bapak presiden juga hadir dalam kongres HMI sebelumnya. Semua berlangsung damai, tertib, aman dan kondusif. Bahwa ada perbedaan pandangan di dalam HMI itu dinamika demokrasi. Kita harus hargai pendapat. Tapi kalau berubah jadi suatu yang tidak patut, ini yang harus kita hindari," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, jauh-jauh hari pihak Istana telah memutuskan bahwa SBY tidak bisa hadiri kongres HMI tersebut.

"Iya, kami sudah pastikan jauh hari sebelumnya bahwa Presiden tidak hadir. Kalau diberitakan kemudian bahwa presiden ditolak untuk hadir lalu tidak hadir, saya kira tidak benar," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment