Wednesday, December 26, 2012

4 Kritik Ahok kepada Jakmania

4 Kritik Ahok kepada Jakmania
Foto: Ahok. ©2012 Okesharezone
Reporter: Deddy Santosa

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menerima belasan suporter Persija (Jakmania) di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/12).

Ahok mendengarkan keluhan dari mereka soal aturan Pemda yang melarang tim Macan Kemayoran main di kandang sendiri. Menurut mereka, kondisi tersebut telah berlangsung kurang lebih empat tahun.

Namun, selain mendengarkan keluh kesah para Jakmania, Ahok juga sempat mengkritik mereka. Kritikan Ahok tersebut langsung disampaikan dalam diskusi terbuka.

Nah, apa saja kritik dari Ahok kepada Jakmania? Berikut 4 kritik yang disampaikan Ahok kepada Jakmania:

1. Harus bisa main sepak bola

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta para Jakmania membina suporter cilik yang masih anak-anak bermain sepak bola.

Menurut Ahok, seorang suporter harus bisa bermain sepak bola. Selain itu, suporter cilik merupakan bibit bagi sepak bola Jakarta dan nasional di masa depan.

"Saya dulu nonton bola ikut nikmati karena saya pemain bola. Nonton bola semangat karena kita pemain bola. Buatlah anggota Jakmania ini main bola," kata Ahok saat bertemu dengan perwakilan Jakmania di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/12).

2. Jangan naik di atap bus

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta Jakmania tidak naik di atas bus saat hendak pegi dan pulang menonton pertandingan Persija. Hal itu disampaikan Ahok saat bertemu dengan perwakilan Jakmania di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/12).

Menurut Ahok, sebagai suporter tim Ibu Kota, Jakmania harus memberi contoh yang baik kepada suporter dari klub daerah lain.

Naik di atas bus seperti menjadi kebiasaan bagi para suporter saat hendak menonton tim kesayangannya bertanding di stadion. Padahal, kebanyakan kursi penumpang di dalam bus masih dalam kondisi kosong.

3. Suporter cilik jangan merokok

Aksi nakal para Jakmania cilik ternyata mendapat perhatian dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Saat bertemu dengan perwakilan Jakmania di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/12), Ahok mengkritisi soal adanya suporter cilik Persija yang merokok. Ahok mengaku kerap melihat Jakmania yang masih anak-anak merokok di depan umum saat hendak menonton laga Persija.

"Jangan sampailah difoto terus terlihat anak-anak kecil naik di atas atap sambil ngerokok. Malu lah kita sama wartawan luar negeri," kata Ahok.

4. Jangan berbuat rusuh dan hura-hura

Sebagai pemimpin di DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) wajib memperhatikan tim sepak bola Ibu Kota, Persija, termasuk para suporternya.

Salah satu bentuk perhatian yang diberikan Ahok kepada Jakmania adalah dengan memberikan kritik soal tingkah laku. Ahok meminta Jakmania tidak hura-hura saat menyaksikan pertandingan.

Ahok juga meminta Jakmania tidak berbuat rusuh dan melanggar hukum. Menurutnya, pertandingan sepak bola untuk dinikmati bukan untuk ajang gagah-gagahan.

"Kalau anarkis itu tidak sportif, hanya yang senang saja yang datang kan," kata Ahok saat bertemu dengan perwakilan Jakmania di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/12).

No comments:

Post a Comment