Friday, December 21, 2012

Api hanguskan pabrik kimia di Deli Serdang

Api hanguskan pabrik kimia di Deli Serdang
Foto: Kebakaran pabrik kimia di Medan. ©2012 Okesharezone
Reporter: Maharani Sulistiowati

Pabrik kimia milik PT Chemindo Putra Abadi di Jalan Pasar V, Sampali, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut diamuk si jago merah. Belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini.

Pantauan Okesharezone, Jumat (21/12), api masih berkobar di pabrik yang memproduksi dan distribusi tiner dan bahan kimia lainnya. Kebakaran terjadi sejak pukul 14.00 WIB.

"Mulai terbakarnya sekitar pukul 14.00 WIB tadi. Tapi sepertinya seluruh pekerja termasuk keluarga saya yang tinggal di sana berhasil keluar," kata penjaga pabrik, Marot Ferdinan Sinaga di lokasi kejadian.

Hingga pukul 16.00 WIB api belum berhasil dipadamkan. Belasan ledakan terdengar begitu keras disertai cendawan api dan asap yang membubung tinggi.

Belum ada informasi mengenai penyebab kebakaran. Namun, beberapa orang karyawan mengaku mendengar ledakan pertama dari tengah gudang. "Sehabis bongkar muat. Setelah kontainer berangkat, terdengar suara disertai api dan asap dari tengah, kami pun berlarian ke luar," kata seorang pekerja.

Api dengan cepat membakar dan merambat ke bangunan lain di dalam kompleks pabrik, termasuk ke bengkel besar yang baru selesai dibangun di sampingnya. Sejumlah kendaraan yang ada di parkiran pun terlihat ikut hangus.

Pemadam kebakaran dan Deli Serdang dan Medan masih berupaya memadamkan api. Namun, api belum berhasil dijinakkan.

No comments:

Post a Comment