Monday, December 24, 2012

Polisi sterilisasi 483 gereja di Medan

Polisi sterilisasi 483 gereja di Medan
Foto: Polisi 'sisir' gereja di Medan. ©2012 KM/Okesharezone
Reporter: Hantanto Jatinegoro

okesharezone - Polisi Sterilisasi 483 Gereja di Medan | Personel Polresta Medan dan Detasemen Gegana Brimob Polda Sumut mensterilisasi 483 gereja menjelang ibadah malam Natal 2012, Senin (24/12). Mereka juga akan memberikan pengamanan saat ibadah berlangsung.

Salah satu upaya sterilisasi dilakukan di Gereja HKBP, Jalan Sudirman, Medan. Sejumlah personel Polsekta Medan Kota dan Detasemen Gegana Brimob Polda Sumut yang dilengkapi metal detector dan cermin melakukan penyisiran di lingkungan gereja.

Personel kepolisian ini memeriksa bagian bawah kursi, pohon Natal, dan altar di dalam ruangan gereja. Halaman luar gereja juga tak luput dari pemeriksaan.

"Di wilayah hukum Polsekta Medan Kota, ada 34 gereja yang kita sterilisasi. Ada lima di antara 34 gereja itu yang kita beri atensi karena tergolong besar, seperti gereja HKBP ini," jelas Kapolsekta Medan Kota Kompol Sandy Sinurat seusai sterilisasi di Gereja HKBP, Jalan Sudirman, Medan, Senin (24/12).

Selain sterilisasi, minimal dua polisi ditempatkan di setiap gereja. Khusus di gereja yang besar, terdapat 12 personel yang berjaga.

Para petugas ini akan memeriksa setiap jemaat yang datang ke gereja. "Mereka dilengkapi metal detector dan akan memeriksa tas dan barang bawaan jemaat yang datang, sehingga pelaksanaan ibadah Natal bisa berlangsung aman dan khidmat," jelas Sandy.

Selain melakukan sterilisasi dan penjagaan di gereja, polisi juga mendirikan 14 pos pengamanan (Pospam) di tempat-tempat strategis Kota Medan. Fasilitas ini akan dijaga personel kepolisian, TNI, Satpol PP, tenaga medis, dan pramuka.

No comments:

Post a Comment