Wednesday, December 26, 2012

Porsche 911 GT3 Cup, mobil balap tersukses di dunia

Porsche 911 GT3 Cup, mobil balap tersukses di dunia
Foto: Porsche 911 GT3 Cup

Porsche 911 GT3 Cup merupakan mobil balap tersukses di dunia. Sejak tahun 1998, 2.395 unit telah diproduksi untuk para pelanggan pecinta sport. Edisi baru dari 911 GT3 Cup adalah versi motorsport dari 911 GT3 di masa mendatang, dan oleh karena itu menjadi mobil balap pertama yang dibangun di atas dasar generasi ketujuh ikon mobil sport dari Zuffenhausen.

Porsche 911 GT3 Cup akan mempertontonkan performanya secara eksklusif di ajang 'Porsche Mobil 1 Supercup' pada musim balap 2013 nanti. Mobil untuk satu kali balapan ini akan membuat debutnya di perayaan akhir musim motorsport dengan tema 'Night of Champions' di pusat R&D di Weissach.

Porsche 911 GT3 Cup baru diperkuat dengan mesin datar enam silinder 3,8 liter. Mesin ini menghasilkan daya sebesar 460 hp di 7.500 rpm, 10 hp lebih besar dari generasi sebelumnya.

Gearbox dog-type dengan enam kecepatan yang dibangun oleh Porsche Motorsport dan dioperasikan lewat pedal shift pada ban. Ini pertama kalinya Porsche mentransmisikan daya ke poros belakang pada mobil balapnya. Rancangan terbaru dari Porsche Motorsport juga merambah pada ban mobil balap ini. Lebar ban balap Michelin ditambahkan dua centimeter sehingga menjadi 27 cm di bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang ditambahkan 1 cm di poros belakang sehingga saat ini berukuran 31 cm.

Peningkatan sistem kerja rem juga dikembangkan sehingga lebih baik lagi dibandingkan sistem pengereman generasi sebelumnya. Rotor rem baja dengan sistem ventilasi dalam berukuran 380 milimeter di bagian poros depan ditunjang 6-piston aluminium fixed callipers. Poros belakang memiliki fitur versi four-piston.

Pada saat mobil baru ini dikembangkan, penekanan pada keselamatan pengendara menjadi perhatian utama. Faktor keselamatan terbaru dirancang untuk melindungi pembalapnya bila mobil terguling atau terjadi benturan, begitu pula dengan kursi balap yang dirancang melingkari kepala dan bahu dan dapat disesuaikan oleh individu dengan bantuan peding. Palka darurat di bagian atap memberikan akses mudah bagi pertolongan medis primer dan bila perlu menarik pengemudi keluar dari kendaraan.

"New 911 GT3 Cup jauh lebih mudah untuk dikendarai. Mobil ini sangat seimbang, geometri poros barunya sangat positif. Selain itu new Cup 911 memang sangat menyenangkan untuk dikendarai." Timo Bernhard, dari Tim Porsche yang terlibat dalam pengembangan kendaraan baru ini.

Seperti pendahulunya, new Porsche 911 GT3 Cup diproduksi di Stuttgart-Zuffenhausen, Jerman dengan lini perakitan yang sama dengan model lainnya. Di pusat Motorsport di Weissach, kendaraan ini menerima general set-up dan diuji di sirkuit oleh para pembalap profesional sebelum kendaraan diantarkan kepada pelanggan. 911 GT3 Cup tersedia dalam warna putih dengan harga Euro 181.200.

No comments:

Post a Comment