Thursday, December 27, 2012

Malam tahun baru, Semarang terancam banjir rob

Malam tahun baru, Semarang terancam banjir rob
Foto: Banjir rob. ©2012 Okesharezone
Reporter: Kartika Safitri

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Semarang memperkirakan banjir rob atau banjir yang diakibatkan oleh air laut pasang yang menggenangi daratan, akan terjadi di sejumlah wilayah di Semarang pada 30 dan 31 Desember malam atau saat malam tahun baru. Ketinggian air rob diperkirakan mencapai 1 meter.

BMKG Maritim Semarang memperkirakan banjir rob akan terjadi di daerah Semarang kawasan Pelabuhan, Semarang Utara, dan Johar.

"Rob tanggal 30 dan 31 Desember itu diperkirakan terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB dan sudah surut sekitar pukul 03.00 WIB," kata prakirawan BMKG Maritim Semarang Retno Widyaningsih di Semarang, Jumat (28/12), seperti dilansir Antara.

Menurut Retno, banjir rob dapat segera surut jika Kota Semarang tidak diguyur hujan pada malam dan pagi hari tanggal 30 dan 31 Desember. Dia mengatakan, beberapa minggu terakhir Kota Semarang selalu diguyur hujan pada sore hari hingga petang, sementara tengah malam dan pagi hari tidak terjadi hujan.

Dia menjelaskan, rob pada malam hari lebih cepat surut dibandingkan rob yang terjadi pada siang hari.

"Rob malam hari dikarenakan gravitasi bulan, sementara rob siang hari selain oleh matahari, banyak masyarakat beraktivitas sehingga waktu surutnya lebih lama," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum 30 Desember 2012, rob juga akan terjadi di Semarang. Namun, ketinggiannya di bawah 1 meter dan terjadi pada malam hari.

Puncak rob biasanya terjadi pada April hingga Mei, dikarenakan pada saat itu posisi Kota Semarang pada jarak terdekat dengan bulan. Apalagi saat bulan purnama, tingkat ketinggian air pasang akan naik.

No comments:

Post a Comment