Wednesday, December 19, 2012

Jokowi lantik walikota Jakarta Timur di kampung yang kumuh

Jokowi lantik walikota Jakarta Timur di kampung yang kumuh
Foto: Pelantikan walikota jakarta timur.
Reporter: Hantanto Rifki

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi resmi melantik HR Krisdianto, sebagai wali kota dan Husein Murad sebagai wakil wali kota Jakarta Timur. Uniknya, pelantikan ini sengaja digelar di perkampungan kumuh di kawasan Kampung Pulo Jahe RT 07 RW 05, Cakung, Jakarta Timur.

Ini baru pertama kali terjadi. Seorang pejabat dilantik di tengah-tengah warga.

Pelantikan dan sumpah jabatan dilakukan tepat pukul 08.00 WIB. Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dan dasi berwarna ungu, melantik Krisdianto dan Husein di sebuah panggung terbuka yang sederhana, dan disaksikan ratusan warga setempat.

"Memang tidak seperti biasanya. Kali ini di tengah-tengah masyarakat, Kenapa? karena memang orientasi kita bukan seremonial tapi fungsional," ujar Jokowi usai melantik wali kota Jakarta Timur, Kamis (20/11).

Jokowi mengatakan, pengambilan sumpah jabatan di tengah-tengah warga ini nantinya akan sering dilakukan saat melantik pejabat-pejabat daerah lainnya.

"Suatu saat mungkin saya akan lantik kepala PU di tepi ciliwung. Kenapa tidak? karena masalah Jakarta, ada problem-problem Jakarta ada di sini, bukan mengada-ada," jelasnya.

Ketika ditanya alasan apa yang membuat dirinya melantik di perkampungan dan bukan di kantor wali kota, mantan wali kota Solo ini menjawab sederhana.

"Saya lantik di sini supaya semua pejabat melihat permasalahan Jakarta. Itu saja, pesannya itu saja," ungkap Jokowi.

Sekadar diketahui, Jakarta Timur sebelumnya dipimpin Murdani. Dia pengajuan masa persiapan pensiunan (MPP) sebagai wali kota Jakarta Timur meski masa jabatannya masih tersisa enam bulan.

Saat ini, jabatan wali kota diambil alih oleh HR Krisdianto yang sebelumnya menjabat wakil wali kota Jakarta Timur.

No comments:

Post a Comment