Friday, December 21, 2012

Jokowi: Apa mau nikmati neraka kemacetan tiap hari

Jokowi: Apa mau nikmati neraka kemacetan tiap hari
Foto: Suasana macet Jakarta. ©2012 Okesharezone
Reporter: Deddy Santosa

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap proyek mass rapid transit (MRT) bisa selesai pada 2017 dengan stasiun akhir di Kampung Bandan. Target selesai 2017 itu lebih maju dari perkiraan 2019.

Jika MRT selesai, diikuti dengan selesainya proyek monorail, diharapkan kemacetan ibu kota perlahan namun pasti berkurang. Menurut Jokowi, MRT dan monorail adalah proyek jangka panjang untuk menekan kemacetan.

"Ini kan jangka panjang, apakah kita pengen nikmati macet seperti ini terus, kan nggak mau. (Apa mau) neraka kemacetan tiap hari kita nikmati terus," ujar Jokowi di Balai Kota, Jumat (21/12).

Mengenai pembenahan transportasi massal, menurut Jokowi butuh waktu. Pembenahan busway ditargetkan mencapai 80 persen pada 2013.

Strategi pembenahan transportasi umum lantas diikuti beberapa kebijakan yang diharapkan bisa menekan kemacetan. "Sehingga harus ada juga saling mendukung kebijakan, mesti ada kebijakan, kebijakan ini tahapannya yang kita lihat di negara-negara lain itu biasanya, pertama, 3in1; kedua, genap ganjil; ketiga penerapan jalan berbayar," ujar Jokowi.

No comments:

Post a Comment