Saturday, December 29, 2012

Malam tahun baru, Bandung gelar car free night

Malam tahun baru, Bandung gelar car free night
Foto: Gedung Mahkamah Agung. ©2012 Okesharezone
Reporter: Anwar Ibrahim

Sama dengan Jakarta, Bandung juga akan memberlakukan car free night pada malam pergantian tahun. Car free night akan dilakukan di sepanjang jalan Ir H Juanda (Dago), mulai dari Simpang Dago hingga perempatan Jalan Riau-Merdeka.

Kendaraan dilarang melintas di jalur ini mulai pukul 21.00 WIB-03.00 WIB. Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso mengatakan, pemberlakuan car free night dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan.

"Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, bahwa kawasan Dago itu selalu berhenti total jelang detik-detik pergantian tahun baru," kata Abdul, di Mapolrestabes, Bandung, Sabtu (29/12).

Dengan adanya car free night, nantinya kendaraan tetap bisa berjalan. Sementara bagi yang ingin merayakan tahun baru tetap berlangsung tanpa adanya gangguan lalu lalang kendaraan di kawasan Dago.

Dengan adanya car free night pihaknya ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pembatasan kendaraan bermotor yang selalu menumpuk di pusat kota Bandung.

"Kita tahu sendiri kalau tahun baru macetnya mengekor ke mana-mana," terangnya.

Oleh karena itu, car free night diharapkan bisa menekan jumlah kendaraan lalu lintas. Namun, dia belum bisa memastikan car free night akan diberlakukan juga di kawasan lain, seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Djundjunan (Pasteur), dan Jalan Otista.

"Itu baru situasional saja, kita lihat situasi terakhir nanti," katanya.

Dia mengimbau bagi yang hendak merayakan perayaan tahun baru di kawasan Dago untuk datang sebelum pukul 21.00 WIB. Lokasi parkir kendaraan yang sediakan antara lain di Jalan Teuku Umar, Jalan Ganesa, Jalan Hasanudin, Jalan Dipatiukur, Jalan Badak Singa, dan Jalan Taman Sari.

No comments:

Post a Comment