Sunday, December 30, 2012

Dari mana ide Jokowi soal car free night di Jakarta?

Dari mana ide Jokowi soal car free night di Jakarta?
Foto: Ilustrasi sambut tahun baru. shutterstock
Reporter: Tio Kusumajaya

Pada malam tahun baru nanti, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengadakan acara car free night. Semua kendaraan bermotor dilarang melintas di jalan protokol, Sudirman dan Thamrin sejak pukul 20.00 WIB pada malam tahun baru.

Di sepanjang jalan itu akan dipasang banyak hiburan. Ada 16 panggung hiburan yang sudah disiapkan. Dari musik dangdut sampai rock akan manjakan warga Jakarta menikmati malam tahun baru di Ibu Kota. Nantinya masyarakat bisa bebas menikmati hiburan. Pilih yang dangdut atau rock, tergantung selera.

Acara hampir sama juga pernah digagas oleh mantan Gubernur DKI Ali Sadikin. Waktu itu ia menggagas kegiatan malam muda-mudi. Acara itu terselenggara awal tahun 1970-an. Acaranya juga diselenggarakan di sepanjang Jalan MH Thamrin penuh dengan aroma romantis. Lampu remang-remang, suasana tenang, membuat para muda mudi hanyut dalam tawa riang dengan pasangannya.

Tapi di era Jokowi, ada sedikit berbeda. Kali ini dinamakan car free night dan dilaksanakan pada malan tahun baru. Dari mana ide Jokowi bikin car free night di Jakarta?

"Mencontoh negara Solo, hehehe, yah enggak ada ide negara mana, kita buat kan dari adanya car free day, kenapa tidak dibuat car free night, besok kita lihat gambarannya kan sudah ada," kata Jokowi kemarin.

Bukan hanya Jakarta yang bikin acara car free night. Beberapa kota di Indonesia juga mengadakan acara Car Free Night juga. Berikut kota-kota yang serupa mengadakan acara Car Free Night selain di Jakarta :

1. Bandung

Sama dengan Jakarta, Bandung juga akan memberlakukan car free night pada malam pergantian tahun. Car free night akan dilakukan di sepanjang Jalan Ir H Juanda (Dago), mulai dari Simpang Dago hingga perempatan Jalan Riau-Merdeka.

Kendaraan dilarang melintas di jalur ini mulai pukul 21.00 WIB-03.00 WIB.

2. Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menggelar car free night menyambut malam pergantian tahun baru. Car free night akan diberlakukan di Jalan Raya Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin (31/12) malam.

Jalan akan ditutup bagi kendaraan bermotor mulai pukul 22.00-01.00 WIB. Masyarakat Kota Bekasi bisa bebas merayakan pergantian tahun tanpa ada lalu lalang kendaraan. Di sepanjang jalan juga akan digelar panggung hiburan.

3. Yogyakarta

Kalau di Yogyakarta, car free night akan digelar di sepanjang Jalan Malioboro. Di sana semua kendaraan dilarang melintas.

Kebijakan car free night pada malam hari di Malioboro setiap pergantian tahun sudah diterapkan sejak tiga tahun lalu. Penerapan car free night akan dimulai pada 31 Desember sejak pukul 19.00 WIB untuk kendaraan roda empat dan mulai pukul 20.00 WIB untuk sepeda bermotor.

4. Jayapura

Nantinya di sepanjang Jalan Soa Siu yang terletak di depan kantor Gubernur Papua juga akan diterapkan car free night untuk menyambut pergantian tahun baru. Penerapan kawasan bebas kendaraan itu mulai dilaksanakan tanggal 31 Desember sejak pukul 22.00-03.00 WIT.

Bagi masyarakat yang ingin ke kawasan itu dapat memarkirkan kendaraan di kawasan ruko Pasifik Permai yang berjarak sekitar 500 meter dari kawasan gubernuran. Dengan ditutupnya ruas jalan tersebut, arus lalulintas dialihkan melalui Jalan Sam Ratulangi.

5. Pekanbaru

Polresta Pekanbaru berencana menerapkan malam bebas kendaraan bermotor  atau car free night di ruas jalan protokol pada malam pergantian tahun 2013 di Kota Pekanbaru, Riau. "Konsep ini mengadopsi peraturan di DKI Jakarta. Hanya saja diberlakukan di ruas Jalan Gajah Mada Pekanbaru," kata Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol M. Mustofa.

Car free night akan diterapkan pada Senin malam (31/12) mulai pukul 21.00 hingga Selasa (1/1) pukul 01.00 WIB.

6. Solo

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali akan memberlakukan malam bebas kendaraan atau car free night (CFN) saat malam perayaan tahun baru 2013 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudradjat mengatakan jika tahun lalu CFN diberlakukan hanya di sepanjang Jl Slamet Riyadi, untuk tahun ini akan diperpanjang hingga Jl Jenderal Sudirman atau depan balai kota.

"Kita akan berlakukan Solo car free night selama 4 jam, mulai jam 21.00 - 01.00 WIB," ujar Yosca kepada merdeka.com, Kamis (20/12).

Yosca menjelaskan, mulai jam tersebut, akses ke Jl Slamet Riyadi dan Jl Jenderal Sudirman depan balai kota akan ditutup. Menurut Yosca pemberlakuan CFN dimaksudkan untuk mengurangi polusi udara sebagai akibat kadar emisi kendaraan bermotor.

No comments:

Post a Comment