Tuesday, December 25, 2012

Hati-hati, pohon natal bisa jadi sarang serangga!

Hati-hati, pohon natal bisa jadi sarang serangga!
Foto: Ilustrasi pohon natal. ©shutterstock.com/Dmitriy Shironosov

Semua umat Nasrani yang merayakan tentunya sudah menata rumah dengan dekorasi yang menawan. Tak ketinggalan juga pohon natal yang penuh hiasan lampu dan hadiah di bawahnya. Namun itu belum semua. Selain hiasan, lampu, dan hadiah, pohon natal juga bisa dihuni oleh serangga.

Kutu, ngengat, tungau, dan laba-laba adalah beberapa serangga kecil yang bisa hidup di pohon pinus dan cemara yang biasa digunakan sebagai pohon natal, ungkap Bjarte Jordal dari Norwegia University Museum of Bergen.

Dengan adanya lampu dan suhu ruangan yang hangat, tak jarang serangga-serangga ini kemudian keluar dan berkeliaran di dalam rumah.

"Dalam penelitian pada pohon Natal, telah ditemukan sekitar 25.000 serangga di beberapa pohon," jelas Jordal, seperti dilansir oleh NY Daily News (24/12).

Meski begitu, menurut Jordas, serangga-serangga ini akan cepat mati jika tak bisa menemukan cukup makanan atau tanaman hidup dalam rumah.

"Serangga ini tidak berbahaya bagi manusia atau peralatan rumah tangga. Mereka tak merusak. Mereka juga tak berbahaya bagi orang yang memiliki alergi," tambah Jordas.

Walau tak berbahaya, ada baiknya Anda mulai mengecek pohon Natal Anda sekarang. Anda juga bisa menghindari serangan serangga dengan memilih pohon plastik yang lebih praktis, bisa digunakan berkali-kali, dan bisa dicuci bersih.

No comments:

Post a Comment