Monday, December 10, 2012

Usai dilantik, Kepala BNN janjikan RI bebas narkoba 2015

Usai dilantik, Kepala BNN janjikan RI bebas narkoba 2015
Foto: Pelantikan Kepala BNN.
Reporter: Deddy Santosa

Irjen (Pol) Anang Iskandar resmi menggantikan Komjen Gories Mere sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Serah terima jabatan pun dilakukan oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo di lantai tujuh gedung BNN, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur.

Anang yang sebelumnya menjabat Gubernur Akademi Polisi (Akpol) optimistis dalam masa kepemimpinannya sebagai Kepala BNN dia dapat mewujudkan 'Indonesia Bebas Narkoba 2015'.

"Saya sebagai pejabat baru mohon doa restunya, agar bisa melaksanakan, dan melanjutkan program-program yang sudah dilakukan Pak Gories. Dan mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba 2015," ujarnya usai pelantikan dirinya, Selasa (11/12).

Anang mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan dirinya untuk mewujudkan Indonesia bebas dari Narkoba adalah menekan angka peredaran narkoba. "Kita akan lakukan langkah yang sudah ada. Dengan menekankan pada pengguna narkoba, kita rehabilitasi dengan begitu penggunaan narkoba akan berkurang," jelasnya.

Anang mengaku saat ini dirinya terlebih dahulu mempelajari dulu program-program yang ada saat masa jabatan Gories Mere. Setelah itu ia akan memulai langkah-langkah kerjanya sebagai kepala BNN.

Sebagai aksi pertama, Anang menegaskan BNN akan berupaya memutus jaringan narkoba yang ada di Indonesia. "Pertama, Bagaimana sekarang itu merehabilitasi pengguna narkoba yang ada, dan mencegah kemudian bagaimana kita bisa menangkap atau memutus jaringan narkoba," jelasnya.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BNN Anang Iskandar juga pernah menjabat Kapus Cegah Lakhar BNN pada tahun 2008. Setelah pada tahun 2010 Anang juga sempat ditugaskan sebagai Direktur Advokasi Deputi Pencegahan BNN. Kemudian karir anang melonjak menjadi Kapolda Jambi di tahun 2011. Di tahun 2012 Anang menjabat Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

Sementara Kapolri Jenderal Timur Pradopo saat melantik Anang mengatakan agar pejabat yang baru melanjutkan berbagai program BNN sebelumnya.

"Tentunya meneruskan program-program sebelumnya. Terus mengajak seluruh potensi masyarakat untuk melawan narkoba. Wujudkan Indonesia bebas narkoba 2015," pesan Kapolri.

Timur mengingatkan agar dalam melaksanakan tugasnya, BNN senantiasa melibatkan peran aktif masyarakat.

"Terus pelihara hubungan eksternal. Perkuat koordinasi dengan non kementerian, bangun hubungan dengan tokoh agama, dan tokoh masyarakat, lembaga masyarakat. Dorong upaya penguatan BNN hingga ke tingkat daerah," pungkas Kapolri.

No comments:

Post a Comment