Thursday, December 13, 2012

Bakso daging babi marak, asosiasi pedagang temui Ahok

Bakso daging babi marak, asosiasi pedagang temui Ahok
Foto: Daging.
Reporter: Putri Anggraini

Terungkapnya praktik penggilingan daging babi untuk bakso di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara membuat resah para pedagang bakso. Pemprov DKI Jakarta diminta melakukan pengawasan yang ketat di pasar-pasar dan tempat penggilingan daging.

Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso), rencananya akan menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pertemuan akan dilakukan pukul 10.00 WIB, Jumat (14/12) besok.

"Kami akan meminta Ahok untuk memerintahkan dinas terkait untuk turun ke lapangan melakukan kontrol ketat terhadap peredaran bakso daging babi ini," kata Ketua Umum Apmiso Trisetyo Budiman saat dihubungi merdeka.com, Kamis (13/12).

Selain itu, Apmiso juga akan melakukan pengambilan sampel di pasar-pasar yang berada di bawah kendali PD Pasar Jaya. Apmiso akan meminta pendampingan dari petugas Sudin Perindustrian dan Sudin Pertanian dan Perikanan.

Untuk wilayah Jakarta, Trisetyo menjelaskan, pengambilan sampel daging giling untuk bakso akan dilakukan di pasar-pasar tradisional yang besar. Karena di pasar yang besar, volume daging dan penggilingan untuk bakso juga besar.

"Dari 148 pasar tradisional, ada 120 titik penggilingan daging. Ada sekitar 15 penggilingan daging yang besar. Kita akan melakukan sampling di titik itu seperti Pasar Minggu, Pasar Kebayoran dll," tandasnya.

No comments:

Post a Comment