Tuesday, December 11, 2012

Habibie dihina, DPR akan kirim nota protes ke PM Malaysia

Habibie dihina, DPR akan kirim nota protes ke PM Malaysia
Foto: BJ Habibie.
Reporter: Billy Nurkholis

Tudingan Mentan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin yang menyebut Presiden RI ke 3 BJ Habibie sebagai pengkhianat bangsa berbuntut panjang. Bahkan tudingan ini dibawa dalam sidang paripurna hari ini.

DPR berencana akan melakukan protes terhadap Malaysia atas tudingan yang diterima oleh tokoh yang sangat dihormati bangsa ini.

Menurut anggota Komisi V DPR Teguh Juwarno mengatakan, perkataan Zainudin yang menyebut Habibie 'dog of imperialism' adalah sebuah penghinaan besar bagi bangsa Indonesia.

"Menurut saya, kalimat yang tidak senonoh yang disampaikan seorang menteri apalagi menteri penerangan. Sungguh tidak elok," jelas Teguh di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/12).

Politisi PAN ini mengungkapkan, sungguh tidak etis jika persoalan politik lokal berdampak pada penghinaan mantan kepala negara lain.

"Keputusan paripurna, jika betul (terbukti), maka DPR akan melakukan protes yang ditujukan kepada Perdana Menteri Malaysia," imbuhnya.

Teguh juga berharap, presiden memiliki keberanian untuk menegur bahkan mengusir duta besar Malaysia di Indonesia saat ini.

"Saya pribadi usulannya adalah usir duta besar Malaysia, tapi ini tergantung keberanian kepala negara kita untuk lakukan itu," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment