Monday, December 17, 2012

57 Persen pelaku kriminal di Jakarta adalah pengangguran

57 Persen pelaku kriminal di Jakarta adalah pengangguran
Foto: Ilustrasi kriminal.
Reporter: Sofyan Abidin

Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayu Seno menegaskan 57 persen pelaku tindak kriminalitas di wilayah hukum Polda Metro Jaya adalah pengangguran. Dia berharap, acara Gebyar Seribu Polisi Cilik 2012 yang juga memperingati ulang tahun Polda Metro Jaya ke 63 mampu memperkecil angka kejahatan di kemudian hari.

"Dengan adanya program ini mudah-mudahan angka kriminalitas akan turun," terang Putut usai menghadiri acara Gebyar Polisi Cilik di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Senin (17/12).

Putut mengatakan, penyuluhan tugas pokok Polri kepada anak usia dini merupakan usaha agar anak-anak menjadi disiplin. Dia menambahkan, anak-anak itu dididik untuk menjauhi narkoba, tindakan anarkis serta tindakan melanggar hukum.

"Dan semacam ada pelajaran etika sehingga tidak menyimpang," jelasnya.

Putut menjelaskan, sebenarnya tugas pokok Polisi bukan menangani masalah pengangguran. Tapi maraknya tindakan kriminalitas menjadi bahan pertimbangan untuk tugas polisi turut membantu menuntaskan masalah tersebut.

Untuk mengatasi hal itu, pihak kepolisian melalui Polres KP3 bekerja sama dengan pengusaha untuk menampung pemuda yang belum bekerja. Sementara itu, Pemda juga berperan aktif untuk menuntaskan pengangguran yang menjadi sumber masalah sosial.

"Ini program kedua, Polres KP3 bekerjasama dengan pengusaha untuk menampung pemuda yang belum bekerja dan Pemda diajarkan mereka keterampilan," papar Putut.

No comments:

Post a Comment