Tuesday, December 18, 2012

MUI: Pedagang bakso bersertifikat halal kurang dari satu persen

MUI: Pedagang bakso bersertifikat halal kurang dari satu persen
Foto: Bakso. ©2012 Okesharezone/Shutterstock
Reporter: Frisca Lutfiningrum

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'aruf Amin mengungkapkan dari puluhan ribu pedagang Bakso di Jakarta, ternyata yang memiliki sertifikat 'halal' kurang dari 1 persen. Temuan itu didapatkannya setelah melakukan tinjauan ke berbagai tempat di DKI Jakarta.

"Dari informasi yang kami dapatkan dari seluruh pedagang Bakso, kurang dari 1 persen yang mengantongi sertifikat halal," kata Ma'aruf di Gedung MUI, Rabu (19/12).

Sebenarnya sudah banyak pedagang bakso yang mengajukan sertifikat halal. Tapi karena beberapa persyaratan belum dipenuhi maka permohonan tersebut tidak dapat diproses. Hal ini membuat beberapa oknum memalsukan sertifikat.

"Terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan sertifikat dan logo halal MUI oleh pihak tertentu, maka MUI mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas masalah tersebut," ujarnya.

Selain itu, Ma'aruf meminta pemerintah lebih peduli dengan isu yang belakangan ini menyebar di masyarakat, khususnya Jakarta terkait banyaknya oplosan daging Babi dengan daging Sapi di dalam makanan terutama Bakso.

"Saya minta pemerintah lebih intensif dalam melakukan sidak ke pasar-pasar," tegasnya.

No comments:

Post a Comment