Friday, December 7, 2012

Puting beliung mengamuk di Yogyakarta, 519 rumah rusak

Puting beliung mengamuk di Yogyakarta, 519 rumah rusak
Foto: Puting beliung.
Reporter: Deddy Santosa

Musim-musim sekarang memang beraneka ragam, ada kejadian longsor, banjir, puting beliung, dan lain-lain. Musim puting beliung saat-saat ini sedangg diterjang puting beliung.

Bencana puting beliung menerjang 10 dusun di 3 desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akibat kejadian ini 519 rumah rusak diterjang puting beliung.

Tiga desa yang diterjang puting beliung adalah Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan (Dusun Bromonila, Dusun Sidokerto, Dusun Sambisari, Dusun Sambiroto, Dusun Randusari), Desa Maguwo Kecamatan Depok (Dusun Grogol, Dusun Sambigo, Dusun Singosuto, Dusun Tempelsari), dan Desa Medomartani Kecamatan Ngemplak (Dusun Sepu).

"Akibatnya 2 orang luka berat yang harus rawat inap, 12 orang luka ringan, 519 rumah rusak di mana 101 rusak berat, 122 rusak ringan, dan 296 rusak ringan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Sabtu (8/12).

Data BNPB, kerusakan lainnya yakni 29 unit kandang ternak, 1 pos jaga, dan ratusan pohon tumbang. Daerah yang terparah adalah Dusun Bromonila Kecamatan Purwomartani dimana terdapat sekitar 299 rumah rusak.

Bupati Sleman juga telah mengeluarkan pernyataan status tanggap darurat selama 5 hari yaitu 7-11 Desember 2012. BPBD Sleman telah mendirikan Posko tanggap darurat dan dapur umum di Dusun Bromonila.

Masyarakat yang rumahnya rusak berat, untuk sementara dititipkan ke tetangga terdekat. BPBD Sleman, BPBD DI Yogyakarta, TNI, Polri, Tagana, PMI, SKPD terkait dan masyarakat melakukan penanganan darurat. Pendataan dan pembersihan pohon tumbang masih dilakukan.

"Puting beliung terjadi sebelumnya cuaca cerah, tiba-tiba awan gelap. Kecepatannya sekitar 60 kilometer per jam dengan durasi 10 menit dan radius dua kilometer persegi," terang Sutopo.

Kejadian tersebut juga menyebabkan penerbangan di Bandara Adisucipto terganggu. Beberapa pesawat tidak bisa mendarat, seperti Merpati MZ 3450 dari Bandung, yang dialihkan menuju Bandara Juanda Surabaya. Juga Garuda Indonesia GA 210 dari Jakarta terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat Lion Air JT 556 dari Jakarta terpaksa berputar di kawasan Bandara selama 15 menit.

No comments:

Post a Comment