Saturday, December 15, 2012

REVIEW: Liverpool terkubur di Anfield

REVIEW: Liverpool terkubur di Anfield
Foto: Andreas Weimann manfaatkan celah lini belakang Liverpool. (c) AFP

Anfield tak lagi angker untuk para tamu Liverpool. Aston Villa membuktikannya dengan membungkam The Reds 3-1 di depan pendukungnya sendiri Sabtu (15/12).

Penyerang Villa, Christian Benteke menjadi momok tuan rumah sejak menit awal. Penyerang asal Belgia terus memberikan teror untuk lini belakang Liverpool dengan pergerakan dan umpan-umpannya. Bahkan ia pula yang membuka keunggulan tim tamu di menit 29 setelah tendangan kaki kanannya dari depan kotak penalti tak bisa ditangkal Pepe Reina.

Tersentak oleh gol tersebut, Liverpool pun meningkatkan tempo serangan dan menggempur pertahanan Villa. Namun hal itu justru meninggalkan lubang di pertahanan mereka sendiri yang dimanfaatkan dengan baik oleh tim tamu untuk menggandakan keunggulan lewat tembakan Andreas Weimann di menit 40, menerima umpan Benteke.

Liverpool berusaha memanfaatkan sisa waktu pertandingan babak pertama untuk mengejar gol pembuka. Namun dua upaya beruntun Jonjo Shelvey masih belum menemui hasil dan kedua tim pun memasuki jeda turun minum dengan kedudukan 2-0 untuk keunggulan Aston Villa.

Tim Brendan Rodgers berusaha meneruskan permainan menyerang mereka di babak kedua, namun sekali lagi kelengahan mereka dihukum oleh Benteke. Lewat serangan balik cepat Brett Holman meneruskan bola pada penyerang bernomor 20 itu yang dituntaskan dengan tendangan keras dari tengah kotak penalti. 3-0 Villa menjauh.

Liverpool terus mendominasi permainan namun finishing akhir yang buruk menjadikan upaya mereka buntu di sepertiga akhir lapangan, sementara Villa terus menebar ancaman lewat strategi serangan balik mereka.

Gempuran tuan rumah baru menemui hasil di menit 87 lewat sundulan kapten Steven Gerrard di dalam kotak penalti, menyambut umpan silang Glen Johnson. Namun gol tersebut terbukti hanya menjadi gol hiburan karena mereka tak mampu menambah gol lagi di sisa waktu babak kedua.

Kekalahan ini membuat The Reds melorot ke peringkat 12 klasemen Premier League, sementara Villa terkatrol ke peringkat 14 klasemen.

No comments:

Post a Comment