Friday, December 14, 2012

Facebook lebih pererat pertemanan dibanding Twitter

Facebook lebih pererat pertemanan dibanding Twitter
Foto: Facebook. ©2012 Katakan Merdeka

Facebook ternyata lebih unggul dalam menjalankan fungsinya sebagai jejaring sosial dibanding Twitter. Hal ini terlihat dari penelitian Emilio Ferrara dari Universitas Indiana, Amerika Serikat.

Menurut penelitian Ferrara, Facebook berhasil memperkuat tali pertemanan menjadi lebih erat. Hal ini karena didukung oleh platform Facebook yang memungkinkan komunikasi secara terbuka. Dengan banyaknya komunitas, pengguna Facebook dapat berkomunikasi secara dua arah lebih intensif.

Hal yang berbeda di raih oleh Twitter. Menurut Ferrara, Twitter sangat lemah dalam hal pembangunan komunitas pertemanan. Hal ini karena sifat tweet yang kurang memiliki interaksi antar anggota. Pada Twitter juga kurang adanya hubungan saling membutuhkan antara siapa yang di-follow dan siapa yang mem-follow.

Ferrara dalam penelitiannya mempelajari jutaan pengguna Facebook dan Twitter dalam beraktivitas sosial. Dia menggunakan data ukuran komunitas, kedekatan dan interaksi sesama teman lalu menganalisanya menggunakan algoritma propagasi label. Model analisa ini mampu mengukur menggunakan data yang jumlahnya besar.

Hasil lain dari penelitian Ferrara adalah tidak sia-sianya waktu yang telah pengguna gunakan di Facebook. menurut dia, menggunakan Facebook untuk berkomunikasi sosial juga berperan besar membentuk kehidupan sosial penggunanya.

No comments:

Post a Comment