Monday, December 10, 2012

PKB minta soal ujian menghina Gus Dur tak terulang

PKB minta soal ujian menghina Gus Dur tak terulang
Foto: 1000 hari Gus Dur.
Reporter: Sofyan Abidin

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat meminta soal ujian yang menyinggung Abdurrahman Wahid alias Gus Dur tidak terulang. Sebab soal yang sifatnya menjatuhkan, bukan mendidik tapi pembodohan.

Ketua DPW PKB Jawa Barat Dedi Wahidi mengatakan, agar Dinas Pendidikan tidak melepas pengawasan soal-soal yang sifatnya hanya tidak mendidik. "Kenal-kenal-kanlah hal yang bagus kepada anak didik itu," katanya saat dihubungi merdeka.com, Selasa (11/12).

Menurutnya, soal-soal yang diperkenalkan melalui Ujian Akhir Sekolah (UAS) itu merupakan hal sesat dan tidak dibenarkan. Apalagi pelajar dikenalkan dengan jatuhnya seorang pemimpin yang pernah mengabdikan kepada bangsanya.

"Jangan bikin soal yang sesat. Siapa yang tidak marah dengan penyebab jatuhnya Bung Karno, Pak Harto, itu ga boleh," tandasnya.

Soal itu dia mengaku cukup menyinggung perasaan Nahdliyin dan juga PKB. "Ya pasti itu sesat dan cukup menyinggung," terangnya.

Meski permintaan maaf sudah dilakukan pihak Kementerian Agama kepada PWNU yang tidak melakukan koreksi, namun dia meminta pengawasan harus lebih diperketat lagi. "Jangan ada lagi soal yang sifatnya tidak mendidik," ungkapnya.

Untuk diketahui, soal ujian semester ganjil membuat pertanyaan "Penyebab jatuhnya pemerintahan Gus Dur". Pertanyaan tentu ada pilihannya, dan pilihan jawabannya seperti dibawah ini.
A. Kasus Brunei Gate dan Bulog Gate
B. Pidatonya selalu bersifat kontroversial
C. Dukungannya terhadap keluarga cendana
D. Mengeluarkan Dekrit Presiden
E. Membubarkan DPR

No comments:

Post a Comment