Thursday, December 13, 2012

SBY sebut pendonor darah adalah pahlawan kemanusiaan

SBY sebut pendonor darah adalah pahlawan kemanusiaan
Foto: Presiden SBY. ©2012 Okesharezone
Reporter: Reza Wibawa

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini memberikan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 1.402 pendonor darah yang telah berdonor sebanyak 100 kali. Acara ini juga dihadiri Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla.

"Bagi semuanya yang berjasa selama ini menyumbangkan darah teruslah jadi pahlawan kemanusiaan, jadilah teladan dan terimakasih pula pada PMI atas prakarsa menyelenggarakan acara ini," kata SBY saat memberi sambutan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (14/12).

Menurut SBY, donor darah sangat berguna bagi kemanusiaan. "Saya kira kita juga sudah tahu mengapa darah dan donor sudah sangat penting terutama di Indonesia, ada beberapa alasan. Pertama negara kita rawan bencana hampir pasti setiap bencana alam skala menengah hingga besar diperlukan transfusi darah bagi para korban," ujarnya.

Alasan kedua adalah banyaknya penderita penyakit baik insidental mau pun berkala memerlukan transfusi darah. Dan ketiga tidak sedikit koban kecelakaan terutama kecelakaan lalu lintas yang butuh darah.

"Diperlukan stok darah cukup secara nasional untuk menghadapi keadaan darurat misalnya bencana alam maupun kebutuhan tanah air secara rutin," tuturnya.

SBY pun memuji dan mengucapkan terima kasih atas kinerja PMI yang selama ini sangat membantu. "Peran PMI juga penting untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan untuk itu terimakasih pak Jusuf Kalla untuk pengabdian PMI selama ini," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment